Sunday, June 3, 2012

IHSG PREVIEW 4-8 Juni 2012

IHSG  diperkirakan akan bergerak dalam range 3750-3850 pada pekan depan , dan pada besok hari senin - rabu , banyak saham-saham unggulan yang akan berpeluang kuat technical rebound.

Pada pekan lalu kita sudah melihat bagaimana faktor krisis eropa kembali menjadi isu utama  bursa global yang kemudian mempengaruhi  bursa  dalam negeri. Yang jelas adalah saat ini telah terjadi net sell asing yang cukup signifikan sebagaimana persis dengan kejadian di januari 2011.  Biasanya apabila koreksi yang terjadi dengan disertai net sell asing yang signifikan diatas 3-5 Triliun dalam waktu 2-3 pekan, maka pertanda bahwa penurunan biasanya akan berlangsung PALING CEPAT terjadi selama 3 bulan terus menerus.

Kemungkinan besar besok senin banyak saham yang harga opening pricenya dibuka diatas harga penutupan jumat kemarin.  Apapun alasannya, yang jelas saat ini arah IHSG indonesia akan menuju ke area 3500-3600. Nah silakan kita berhitung apabila IHSG menjadi 3500-3600 maka berapa saham ASII BBRI BBCA BMRI SMGR dan sebagainya. Jika banyak analis merekomendasikan BUY On Weakness, maka strategi yang tepat saat ini adalah  Sell On Strength. Perlu  diketahui bahwa  IHSG saat ini  berdasarkan data penutupan jumat 1 Juni 2012 telah berada di bawah 3821 ( IHSG saat 31 Desember 2011).

Perlu diketahui bahwa banyak unemployment rate negara eropa seperti Spanyol salah satunya , mencetak rekor tertinggi sebesar 24.4 % dengan trend terus meningkat. Jika ini terus berlanjut maka beban negara-negara di Uni Eropa akan terus memburuk.


Setidaknya perlu waktu 6 bulan untuk dapat memperkirakan apakah Eropa dapat melewati krisis atau tidak. Secara Fundamental memang benar bahwa Indonesia jauh dari krisis, namun perlu disadari bahwa sebagai pelaku pasar modal kadang rasionalitas fundamental seringkali malah membawa kita pada keputusan yang salah, karena di bursa saham faktor psikologi market jauh lebih berperan  ketika ada suatu isu isu penting.

Beberapa analis dan dan ekonom bahkan saat ini sudah memperingatkan bahwa Indonesia harus segera mengantisipasi DAMPAK krisis eropa. Jadi yang terjadi di indonesia ini  bukan krisisnya namun dampak dari isu krisis eropa. Whatever the reasons.... THE BEAR IS COMING NOW.

Semoga bermanfaat.

No comments: