Sunday, March 11, 2012

Mengelola Info/Rumours Bandar

Pernahkah atau seringkah anda melihat rumors/info baik di media cetak ataupun dari broker sekuritas tentang akan di kereknya suatu harga saham ke level tertentu oleh pihak tertentu? Biasanya info/rumors ini terjadi pada saham-saham gorengan atau yang berkapitalisasi kecil ( 500 Miliar ).

Jika anda cermati baik-baik secara seksama, umumnya berita/info / rumors tersebut pada umumnya di hembuskan SETELAH harga  berada di atas / sudah naik. San sepanjang pengamatan saya : pada umumnya pula selalu ada kalimat: saham XXXX dikabarkan akan di beli/di buru oleh pihak bla bla bla. Dalam skema yang canggih , bahasanya biasanya: perusahaan di luar negeri bla bla bla berminat membeli/ memborong saham ABCD.

Nah bagaimana kita mengelola info atau rumor? Banyak orang khususnya yang masih awam bisa mempercayai rumors tersebut, dan pada umumnya kemudian terjebak. Banyak kisah yang saya dengar, di mana pada awalnya info tersebut benar 2-3 kali, namun ketika seseorang membeli saham tersebut yang ke-4 kalinya dalam jumlah besar pada akhirnya mengalami loss, bahkan keuntungan yang didapat dalam 2-3 kali trade pertama malah berbalik loss.

Satu hal yang harus anda waspadai pola bandar di saham gorengan pada umumnya:
 Ketika saham sudah naik tinggi misal dalam 2-3 bulan bahkan naik 200-500 % atau lebih, kemudian ada info bahwa emiten tersebut sedang  diincar perusahaan asing bla bla bla maka sebaiknya anda jangan ikut , daripada anda menjadi korban bulan-bulanan ketika bandar profit taking. Apa alasannya? Alasannya sederhana yaitu: jika harga sudah naik tinggi ratusan persen, maka berita bahwa ada perusahaan asing yang mau akuisisi, beli, atau meborong saham emiten tersebut, besar kemungkinannya info atau rumor tersebut BOHONG. Mengapa saya katakan bohong? secara logika sederhana, jika anda menjadi pihak asing yang mau memborong saham emiten tersebut/ membeli/akuisisi, maka pertanyaanya: anda mau membeli di harga murah atau di harga mahal? jika harga sudah naik ratusan persen, saya pikir hanya perusahaan asing yang irasional yang mau memborong saham emiten tersebut :-). Hal lain yang perlu anda cermati adalah: APA yang secara FUNDAMENTAL berubah SEHINGGA dapat mengakibatkan harga saham naik ratusan persen dalam hitungan 2-3 bulan PADAHAL laporan keuangan saja masih tetap atau tidak ada perubahan signifikan. Pola utama bandar di saham - saham penny stock secara umum adalah memainkan issue. 

Secara hukum alam, sangat jelas bahwa semakin kecil market cap, maka semakin mudah di goyang harga saham tersebut. Olehkarena itu berhati-hatilah dalam bertransaksi di market.  Semua hal yangberkaitan dengan hal-hal ini selalu saya SHARINGKAN dalam seminar-seminar saya. Dan bagi teman-teman yang telah mendaftar di Surabaya, adalah suatu kesempatan baik bagi anda untuk mengetahui how the bandar's movement. Pendaftaran Seminar di Surabaya telah ditutup karena overload seat capacity, bagi yang belum dapat mengikuti kesempatan 17 Maret, maka anda bisa mengikuti kesempatan berikutnya. Adalah sangat penting menguasai tape reading/ bandar movement. Karena jika itu dikuasai, maka anda DAPAT MEMPREDIKSIKAN secara akurat diatas 60% pergerakan harga. DAN ANDA TIDAK AKAN PERNAH TERLAMBAT BUY sebagaimana selama ini anda menggunakan Technical analysis.

Semoga bermanfaat


No comments: