Friday, March 23, 2012

IHSG Preview 26-30 Maret 2012

IHSG pada pekan depan berpeluang kuat bergerak dalam range 3975-4075. Namun perlu di waspadai  pengaruh regional dan politik dalam negeri terkait kenaikan BBM. Pekan depan adalah adalah pekan terakhir menjelang kenaikan BBM 1 April 2012. Biasanya pasar akan bereaksi lebih cepat dari isu-isu  yang sensitif.

Market Eropa dan Dow diperkirakan akan terjadi koreksi WAJAR pada pekan depan dan akan lebih berada di zona merah. Kita juga melihat rata-rata semua bursa dunia pada sepekan terakhir bergerak dalam range yang sangat sempit. Dalam range sempit baik itu saham atau indeks, biasanya sangat sulit  bagi trader untuk mendapatkan keuntungan.

Sejauh ini pendapat pribadi saya belum melihat adanya suatu tanda yang signifikan bahwa IHSG akan terus berlanjut BULL. Perlu dipahami bahwa yang di maksud bull trend pada IHSG adalah APABILA IHSG MAMPU menembus LEVEL 4200. Artinya : Risk saat ini lebih besar dari reward. Jangan khawatir untuk tertinggal sebelum IHSG belum mampu berada diatas 4200. Mengapa? karena yang terlibat di dalam saham-saham indeks mover saat ini bertipikal Short term block buyer BUKAN medium / Long term Block buyer.  Tipikal block buyer seperti ini biasanya mempunyai karakteristik keluar dari market secara tiba-tiba. Dan inilah salah satu alasan mengapa market sepekan terakhir bergerak hati-hati, karena mereka juga tahu resiko ekonomi global dan politik dalam negeri saat ini.

Level Kritis IHSG berada di level antara 3975-4000 UNTUK SAAT INI. Jika mulai bergerak dalam range tersebut harus bisa cepat mengambil keputusan atas portofolio anda. Banyak orang tergoda dan mempunyai perspektif mendahulukan pandangan profit daripada mengkalkulasi resiko.

Bila kita mencermati secara mendalam, mengapa saham-saham second liner bergerak seolah olah tanpa mempedulikan fundamental ekonomi ? jawabanya hanya satu: karena yang menggerakan harga-harga tersebut adalah spekulan lokal.  beda halnya dengan saham-saham indeks mover  dimana harga lebih sensitif terhadap isu-isu bila terjadi perubahan fundamental emiten atau ekonomi .

Dalam beberapa pekan kedepan saya pribadi meyakini bahwa bursa global akan MEMPUNYAI KECENDERUNGAN bergerak dalam teritori negatif.  Pertanyaan berikutnya: Kemanakah IHSG akan bergerak? mengingat level saat ini berada di resistan area ( Juli 2011 ).

Trade carefully pekan depan.  Goodluck , Semoga bermanfaat.

BONUS UNTUK PEMBACA : GGRM berpeluang kuat TECHNICAL REBOUND. AKAN MANTUL TIDAK LEBIH  dari 3 hari trading kedepan. Bagi yang mau tahu di harga berapa buy nya bisa kita diskusikan melalui blackberry messenger.

Bagaimana mendeteksi pergerakan seperti GGRM serta dapat memperkirakan timingnya? ikuti seminar Minggu 15 April 2012. Terima kasih

1 comment:

Anonymous said...

Sampai jumpa di seminar 31 Maret pa :) mohon pencerahannya ya pa :)
Regards
Teddy Supriyadi (etheral gavriel)