Saturday, December 3, 2011

IHSG Preview 5-9 Desember 2011

IHSG pada pekan depan berpeluang bergerak dalam range 3725-3850.  Bayang-bayang issue krisis Eropa masih akan terus mempengaruhi bursa global yang pada akhirnya berdampak pada bursa kita. FTSE Eropa   telah berada di resisten area dan tinggal sedikit lagi akan menyentuh level 5700. Secara umum jika FTSE Eropa tidak mampu melewati level 5700 maka akan kembali menimbulkan uncertainty market. Saya pribadi PADA SAAT sekarang menilai upside market eropa telah terbatas dan kemungkinan besar akan melemah pada pekan depan.

Nah, IHSG yang biasanya selalu reaktif pada sesi 2 khususnya  bila pasar eropa buka, tentu berpotensi mengikuti / adjust dengan market regional. Sentimen postif dari dalam negeri yang masih akan menopang keuatan IHSG untuk bertahan dan tidak jatuh hanyalah sentimen data pertumbuhan ekonomi dan suku bunga yang rendah, dalam hal ini  sektor banking dan batubara kemungkinan besar juga masih mampu menopang IHSG hingga melewati 3800. Kemungkinan besar yang dapat terjadi adalah akhir pekan depan tetap IHSG akan berada di bawah level 3800.

Mohon di perhatikan untuk ASII, sebagai penggerak IHSG dengan bobot yang besar, ASII harus mampu maintain di atas level 71.000 dengan toleransi maksimum jatuh di 69600. Jika level 69600 jebol  maka pasar tentu akan lebih tertekan mendekati level 3700. Harapan dan peluang terbaik ada di sektor banking dan batubara. 

Semoga bermanfaat. and Goodluck


No comments: