Wednesday, July 21, 2010

Europe Zone FTSE 21 July 2010


Hari ini adalah hari ke-6 terhitung sejak 14 Juli 2010 ( postingan tentang FTSE ),secara makro ekonomi di zona eropa, hari jumat 23 Juli 2010 merupakan hari dipublikasikannya hasil Stress Test Banking System. Melihat kondisi beberapa hari terakhir dimana Irlandia mengalami penurunan peringkat menjadi AA2 demikian pula dengan Hungaria yang juga mengalami ancaman krisis, lalu ada ancaman kegagalan Stress Test terhadap Hypo Real Estate , yaitu perusahaan pendanaan properti komersial terbesar kedua di German, maka saya menilai bahwa ancaman krisis memang nyata, akan tetapi apabila nanti sistem perbankan di eropa hasil Stress testnya bagus maka setidaknya saya pikir ancaman krisis tersebut dapat di tanggulangi.

Biasanya pasar akan bereaksi lebih cepat dalam mengantisipasi suatu sentimen, dalam hal ini saya memperkirakan bahwa hasil Stress Test 23 Juli hasilnya akan positif, setidaknya terlihat dari penguatan market eropa saat dipostingnya postingan ini. Tentunya apabila pasar eropa dapat pulih dalam jangka pendek akan berpengaruh terhadap pasar saham pada umumnya. Ancaman nyata lainnya yang berpotensi muncul di masa datang beberapa minggu ke depan di perkirakan adalah ancaman defisit, terlihat dari ramai-ramainya negara-negara di eropa menerbitkan obligasi. Keadaan seperti ini mungkin akan berlangsung selama 3- 6 bulan, sambil menunggu implementasi dan hasil-hasil yang tengah diupayakan negara-negara eropa dalam mencegah krisis.

Yang patut kita waspadai dari market eropa adalah justru pertengahan pekan depan, mengingat pasca diumumkan hasil stress test kita akan menunggu dan melihat apa sentimen selanjutnya dan langkah-langkah nyata apa kelanjutan dari hasil Stress Test tersebut.

Secara Technical Ananlysis pada sistem saya telah menyala lampu ON disertai GREENLIGHT, yang menandakan di mulainya pergerakan swing keatas untuk beberapa hari. Perkiraan FTSE dapat mencapai area 5450 dalam 3-5 hari mendatang terhitung dari sejak dari sekarang. Resistensi kuat mungkin akan terjadi di area 5325, dan kalau melihat pola Inverted Head and Shoulder yang terjadi, saya optimistis akan mampu menembus Neckline.

Regional Asia ( Shanghai HK dan India) minus Nikkei,juga sudah mulai rebound dalam 2-3 hari terakhir, tentunya apabila regional cukup mendukung, saya pikir IHSG akan hover di area 3000, yang dikhawatirkan IHSG hanyalah aksi profit taking dari Asing, karena berdasarkan pengalaman masa lalu, dimana suatu level psikologis ditembus , maka dalam beberapa hari kedepannya akan ada penurunan sebelum kemudian kembali berada diatas level psikologis tersebut.

Indikasi secara TA pada beberapa saham IHSG telah menunjukan gejala-gejala tersebut, penurunan yang akan terjadi masih dapat dikatakan terbatas dan sehat, so sementara tidak ada yang perlu terlalu di khawatirkan. Fundamental ekonomi negara kita masih bagus, indikator-indikator ekonomi masih bagus, inflasi masih dalam range normal. Kalau terjadi koreksi adalah hal biasa, dan bukan berarti akan crash masuk dalam krisis.

Semoga bermanfaat.

No comments: